Jenis Olahraga di Rumah Saat Menstruasi

Olahraga di rumah sangatlah dianjurkan bagi Anda yang sedang mengalami menstruasi. Saat tengah menstruasi tidak berarti di sini Anda harus selalu rebahan. Dengan melakukan kegiatan olahraga tentu akan membantu dalam membuat badan Anda tetap sehat. Badan yang sehat merupakan cerminan dari gaya hidup yang juga sehat.

Olahraga ini tidak harus Anda lakukan di tempat gym, namun Anda juga bisa melakukannya di dalam rumah saja. Olahraga ketika menstruasi akan jadi sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan hormonal di dalam tubuh. Berikut akan dijelaskan lagi lengkap untuk Anda.

Apa Jenis Olahraga di Rumah Saat Menstruasi?

Berikut ini akan diberikan beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah ketika tengah menstruasi. Namun pastikan Anda tidak melakukan kegiatan olahraga tersebut secara berlebihan. Saat hari pertama maupun kedua menstruasi mungkin bukan waktu yang sangatlah tepat ketika melakukan olahraga, karena aliran menstruasi saat itu sedang deras.

Angkat Beban

Jenis olahraga yang pertama yaitu angkat benan. Anda bisa mencoba beberapa latihan kekuatan yang relatif ringan. Hindari bagi Anda untuk mengangkat beban yang terlalu berat ketika menstruasi.

Cardio

Rekomendasi jenis olahraga selanjutnya yang bisa dilakukan di rumah yaitu kardio. Anda bisa melakukan olahraga tersebut di kamar maupun ruang tamu sambil lalu menyaksikan televisi.

Yoga

Melakukan yoga sangatlah bagus untuk mengendurkan otot-otot Anda serta mampu untuk mengurangi nyeri dan kram.

Push Up dan Sit Up

Rekomendasi jenis olahraga selanjutnya yang dapat dilakukan di rumah ketika Anda sedang menstruasi yaitu melakukan gerakan push up dan juga sit up. Gerakan ini sangatlah mudah dilakukan karena memang cenderung sederhana dan tentunya memiliki banyak sekali manfaat.

Nantinya Anda juga perlu menyiapkan alas kemudian pilih tempat terbaik untuk melakukan gerakan-gerakan tersebut. Keuntungannya lagi, Anda bisa melakukan gerakan olahraga yang satu ini di tempat yang sempit sekalipun.

Lakukan Gerakan Duduk dan Berdiri

Untuk melakukan jenis olahraga ini maka Anda hanya cukup menyiapkan sebuah kursi. Selanjutnya Anda bisa melakukan gerakan duduk selama 3 detik kemudian Anda berdiri selama beberapa detik. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang dan Anda akan mendapatkan manfaat yaitu untuk melatih pernapasan serta otot kaki.

Ketika Anda tengah menstruasi aktivitas berat seperti olahraga memang jadi pilihan terakhir, karena terdapat berbagai mitos mengenai olahraga secara umum bahkan yang paling sederhana yaitu karena beberapa orang cenderung malas.

Namun beberapa kegiatan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah ketika Anda tengah menstruasi nyatanya bisa mengurangi banyak sekali gejala seperti contohnya kram dan nyeri ketika haid atau disebut mampu mengurangi gejala PMS.

Gejala-gejala tersebut seperti menghilangkan kembung, perubahan suasana hati, depresi, rasa cepat marah, kelelahan bahkan hingga mual. Fisik yang bugar sangatlah penting untuk kesehatan dan hal itu akan mengurangi resiko masalah medis yang serius.

Masalah medis yang serius tersebut seperti contohnya stroke, serangan jantung osteoporosis, radang sendi dan diabetes. Olahraga juga tidak perlu dilakukan terlalu berat ataupun Anda harus melakukannya tiap hari. Olahraga tersebut cukup Anda lakukan di rumah dalam waktu singkat saja.

Kegiatan olahraga ini akan mampu meningkatkan produksi hormon endokrin yaitu hormon yang akan memacu perasaan senang serta mengurangi depresi, kecemasan dan rasa sakit serta mampu untuk memperbaiki suasana hati Anda.

Karena itulah, mulai sekarang saat Anda menstruasi sebaiknya hindari aktivitas mager. Lakukan gerakan-gerakan olahraga sederhana agar Anda bisa meredakan gejala PMS.

Add a Comment

Your email address will not be published.