Kronologi Korban Penipuan Berhasil Mendapatkan Kembali Motornya Setelah Mengadu ke Kapolri di Medsos

Seorang tukang bubur di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ditipu sehingga motornya sempat raib, Kasusnya itu kemudian diadukan langsung keKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui media sosial. Beberapa lama kemudian tukang bubur itu berhasil kembali mendapatkan motornya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan mengatakan bahwa kasus itu sempat viral pada akhir tahun 2021 lalu. Menurut dia peristiwa penipuan sebenarnya sudah terjadi pada Selasa (7/7/2020) lalu. Saat itu, korban Sita Triutami yang berprofesi sebagai tukang bubur menggadaikan motor PCX Honda kepada seseorang bernama Nur.

Dari pegadaian itu, Sita mendapatkan uang senilai Rp 6 juta. Lalu setelah menggadaikan motor, Sita berupaya untuk bisa mendapatkan motornya kembali. Ia meminta bantuan kepada anggota polisi agar bisa mengambil motor tersebut.

"Kemudian anggota Polri yang berdinas di Polres Jakarta Utara memperkenalkan korban ke saudara MR atau tersangka yang mana mengaku bisa bantu selesaikan masalah," jelas Zulpan di Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (21/2/2022). Tersangka MR kemudian meminta uang Rp18 juta kepada korban agar bisa mendapatkan motornya kembali. Namun, Sita hanya mampu membayar uang Rp15 juta.

Sialnya, Sita tidak mendapatkan kembali motornya usai menyerahkan sejumlah uang. Motor tersebut dikuasi tersangka MR. Hal itu membuat korban memviralkan insiden tersebut ke media sosial. Korban juga melaporkan peristiwa tersebut ke Polres Metro Bekasi.

"Kemudian penyidik ambil langkah penegakan hukum atas kasus ini dengan menangkap dan menetapkan tersangka terhadap pelaku," jelas Zulpan. Penyidik Polres Metro Bekasi kemudian menangkap MR. Polisi juga menyita sejumlah barang bukti di antaranya satu STNK, surat keterangan leasing, dan surat gadai Handphone Oppo.

Atas perbuatannya MR dikenakan Pasal 378 KUHP dan 372 KUHP terkait penipuan dan penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara. Sementara itu korban penipuan Sita berterima kasih karena kasusnya sudah tertangani. Ia berterima kasih kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran karena memperhatikan kasus tersebut.

"Perjuangan dari 2020 sampai 2022 alhamdulilah bisa ketemu dan saya bisa berdiri di sini semoga kedepan saya bisa lebih baik lagi dari kemarin kemarin," jelas Sita. Sebelumnya seorang Ibu penjual bubur, Sita Tri Utami membuat video curhatan. Curhatannya tersebut langsung ditujukan langsung kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ia mengunggah video curhatannya dan langsung viral ke media sosial (Medsos). Hal ini menyusul kasus penggadaian motornya yang diduga melibatkan oknum anggota kepolisian. "Semoga pak Kapolri mendengar cerita saya pak, saya mohon, saya hanyalah tukang bubur yang ketika mencari keadilan dipersulit dan mahal," ucapnya dalam video beredar yang diunggah akun @majeliskopi08, dikutip Kamis (30/12/2021).

Cuitannya itu sampai ke Kapolri dan akhirnya Sita berhasil mendapatkan sepeda motornya kembali.

Add a Comment

Your email address will not be published.