Mengenal Ragam Jenis Sistem Pembayaran Paling Populer di Indonesia

Sistem pembayaran adalah sebuah sistem yang mencakup seperangkat aturan, mekanisme serta lembaga yang dipakai untuk melakukan proses pemindahan dana untuk memenuhi kewajiban yang muncul dari sebuah aktivitas ekonomi. Secara singkat, di sini sistem pembayaran merupakan sebuah sistem pemindahan sejumlah uang dari pihak satu ke pihak yang lain, baik itu dalam bentuk perorangan ataupun badan usaha sesuai dengan aturan yang sudah berlaku.  Untuk lebih mengetahui lagi mengenai sistem pembayaran, berikut akan diulas secara lebih lengkap.

Pengertian Sistem Pembayaran

Secara umum di sini sistem pembayaran terdiri atas dua jenis, yaitu sistem pembayaran non tunai dan sistem pembayaran tunai. Jika dalam sistem pembayaran tunai memakai instrumen berupa uang kertas maupun logam sebagai alat pembayarannya, maka instrumen yang dipakai di dalam sistem pembayaran non tunai menggunakan alat pembayaran berupa debit, kartu, cek, uang elektronik dan lain-lain.

Cakupan sistem pembayaran non tunai sendiri dikelompokkan menjadi dua, antara lain yaitu transaksi ritel dan transaksi nilai besar. Seiring dengan zaman yang makin berkembang, teknologi pun makin maju sehingga menuntut masyarakat untuk bisa melakukan berbagai jenis system pembayaran.  Berikut jenis jenis sytem pembayaran paling populer.

Transfer Bank

Jenis sistem pembayaran yang pertama yaitu transfer bank. Selain mudah dipakai metode menggunakan transfer bank tersebut juga telah menjadi pilihan oleh banyak orang karena di sini menyediakan beragam alternatif transaksi. Mulai dari transfer langsung dari mesin ATM ataupun dengan memakai fasilitas mobile SMS maupun Internet Banking.

Kartu Kredit

Pembayaran non tunai selanjutnya yaitu kartu kredit. Dalam beberapa tahun terakhir nilai transaksi menggunakan kartu kredit di Negara Indonesia memang terus mengalami peningkatan. Bahkan sepanjang tahun 2019 tercatat sebanyak 350 juta transaksi menggunakan kartu kredit tersebut telah dilakukan.

Selain penggunaan kartu kredit dirasa lebih praktis dan bisa dipakai untuk transaksi yang memiliki nilai besar, kartu kredit juga seringkali digunakan karena alasan si pemakai bisa memanfaatkan program cicilan 0% atau menggunakan promo eksklusif lain yang ditawarkan bagi para pemilik kartu kredit.

Dompet Digital

Sebuah survei pernah dilakukan dan ditemukan data bahwasanya hampir 40% responden Indonesia lebih mengutamakan pemakaian dompet digital di dalam aktivitas transaksi mereka sehari-hari. Sebanyak 26% responden setuju bahwasanya pemakaian dompet digital tersebut dirasa lebih aman, praktis dan juga nyaman. Beberapa diantaranya menyatakan kuat serta senang ketika mereka memakai akun digital. Oleh karena itulah kepopuleran dompet digital ini makin meningkat dari waktu ke waktu.

Rekening Bersama

Untuk jenis sistem pembayaran yang berikutnya yaitu rekening bersama. Sistem pembayaran tersebut seringkali dipakai terutama oleh online marketplace. Dengan memakai rekening bersama ini dana yang dibayarkan oleh pembeli nantinya akan ditahan oleh pihak ketiga dan selanjutnya akan diteruskan pada penjual setelah proses tersebut benar-benar telah selesai dilakukan, yaitu ketika pihak pembeli telah menerima produk yang mereka pesan. Rata-rata orang memakai rekening bersama ini untuk melindungi pembeli dan penjual supaya nantinya terhindar dari transaksi palsu maupun potensi kerugian lain.

Cash on Delivery (COD)

Sekalipun metode pembayaran non tunai telah makin sering dipakai, masih banyak orang yang saat ini memilih sistem pembayaran tunai dengan metode COD atau cash on delivery. Rata-rata orang memakai sistem pembayaran tersebut guna menjamin keamanan ketika melakukan transaksi, baik itu di dalam hal pemenuhan kualitas produk ataupun pembayaran produk.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.