Penyebab Ketombe Gatal yang Bikin Tidak Percaya Diri

Ketombe merupakan masalah umum yang bisa dialami baik pria maupun wanita. Sensasi gatal di kulit kepala ini bisa dirasakan oleh siapa saja. Ketombe ditandai dengan sensasi gatal di kulit kepala dan munculnya butiran putih di rambut.

Munculnya ketombe seringkali membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Untuk itu, Anda harus segera mengatasi kondisi ini agar ketombe tidak semakin parah. Sebelum mengatasi masalah ketombe, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab ketombe gatal. Berikut beberapa penyebab ketombe yang perlu Anda ketahui.

Apa Saja Penyebab Ketombe Gatal?

1. Salah pilih shampo

Penyebab ketombe pertama dan paling umum ialah salah dalam memilih sampo. Salah memilih sampo bisa membuat kulit kepala kering dan mengelupas. Kondisi ini lalu menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Jika produksi minyak berlebih tidak segera ditangani, ketombe akan semakin parah seiring berjalannya waktu. Produksi minyak berlebih bisa mempengaruhi pertumbuhan jamur di kulit kepala. Hal seperti ini bisa  menjadi tempat hidup tidak hanya bagi jamur, namun juga bakteri.

2. Adanya jamur

Faktor lain yang bisa menyebabkan ketombe di kepala adalah adanya jamur. Tumbuhnya jamur bahkan bakteri pada kulit kepala bisa menyebabkan ketombe. Malassezia spp merupakan jamur yang bisa menyebabkan ketombe pada rambut. Jamur Malassezia spp merupakan penyebab terjadinya akumulasi asam lemak tak jenuh.

Jamur kemudian menyebabkan peradangan dan penumpahan elemen epitel kulit kepala. Hal inilah yang menyebabkan munculnya ketombe disertai rasa gatal dan rambut rontok. Jika Anda mengalami hal semacam ini, Anda harus mencoba mengatasi pertumbuhannya terlebih dahulu. Jamur menyukai tempat lembab, jadi atur suhu kepala Anda.

3. Kulit kering

Kulit kepala kering merupakan penyebab ketombe yang paling umum. Kondisi ini bisa bertambah buruk karena suhu. Namun ketombe akibat kulit kering, masih bisa diatasi.

4. Stres Berkepanjangan

Stres yang berkepanjangan juga bisa menurunkan tingkat kekebalan tubuh manusia. Jika hal ini terjadi, tubuh akan kesulitan melawan jamur Malassezia Globosa, sehingga pertumbuhan jamur menjadi tidak terkontrol dan menghasilkan ketombe yang gatal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *