Tujuan Perusahaan Melakukan IPO

IPO adalah kependekan dari Initial Public Offering, yaitu merupakan sebutan untuk sebuah perusahaan privat yang mana di sini hendak menjual sebagian kepemilikan saham pada publik untuk awal kalinya. IPO menawarkan keuntungan baik bagi perusahaan itu sendiri ataupun pada publik.

Perusahaan di sini bisa memperoleh tambahan modal melalui penjualan saham pada publik membuka peluang investasi untuk masyarakat. Suntikan modal dari pihak luar akan memberikan kesempatan untuk perusahaan agar bisa berkembang dengan pesat.

Banyaknya perusahaan yang melakukan IPO mengindikasikan bahwa kondisi ekonomi yang positif dari negara. Sebutan yang paling populer untuk perusahaan yang tengah melakukan IPO tersebut yaitu go publik. Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja tujuan dari IPO.

Apa Tujuan Perusahaan Melakukan IPO

Dengan menjual sebagian saham pada publik artinya di sini para pemilik bisnis atau perusahaan akan membagi kepemilikan mereka dengan pihak-pihak lain yaitu dengan para investor. Tujuan dilakukannya IPO ini antara lain yaitu:

Memperoleh Tambahan Modal

Salah satu tujuan IPO yang paling utama untuk sebuah perusahaan yaitu agar bisa memperoleh tambahan modal melalui kegiatan investasi masyarakat. Dengan begitu mereka pun tidak harus mengajukan proses pinjaman ke bank guna menunjang aktivitas operasional perusahaan.

Perusahaan yang nantinya ingin membuka cabang menciptakan sebuah produk baru ataupun memperluas jangkauan pelanggan juga memerlukan modal yang cukup besar. Selain itu juga nama perusahaan lebih dikenal oleh masyarakat saat mereka di sini go publik.

Menciptakan Peluang untuk Berkembang

Dengan adanya modal yang besar, perusahaan mempunyai peluang yang lebih besar dalam berkembang dengan pesat. Suntikan dana dari investor nantinya akan membantu kegiatan perluasan perusahaan dengan lebih besar jika dibandingkan dengan memakai dana internal.

Jika di sini perusahaan berkembang secara pesat maka tidak hanya mereka yang diuntungkan tapi investor yang membeli saham IPO juga akan menikmati manfaat tersebut dan hal ini tentu akan menarik minat investor lain agar bisa menanam modal mereka.

Meningkatkan Nilai dari Perusahaan

 

Nilai sebuah perusahaan di sini dipengaruhi oleh harga saham saat sebuah perusahaan bisa berkembang maka harga saham akan cenderung naik demikian pula nilai saham yang dimiliki oleh investor.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.